Pages

Wednesday, February 13, 2013

Teknik Memancing Ikan di Laut

Memancing di laut memang menyenangkan, selain pemandangannya yang indah, di sana juga terdapat berbagai jenis ikan yang kita bisa pancing. Nah, sedikit berbicara memancing di laut. Berikut ada beberapa teknik mancing di laut yang mungkin teman-teman dapat gunakan ketika memancing. mulai dari teknik mancing dasar (bottom), koncer, casting, trolling, popping, hingga jigging.
Memancing Dasar (bottom) dan Memancing Pinggiran.

Mancing dengan menggunakan teknik mancing dasar (bottom) merupakan teknik mancing yang paling mudah untuk mancing di laut. Anda tinggal membuat rangkaian pancing dasar dan memasang umpan. Umpan yang biasa digunakan adlah umpan alami seperti udang hidup/mati/kupas, cumi irisan utuh, ikan-ikan umpan (seperti tembang, selar, belanak, dan lainnya) secara potongan/utuh  serta masih banyak lagi umpan alami lainnya.

Gunakan piranti mancing yang harus disesuaikan dengan target ikan akan ditangkap. Seperti misalnya saat mancing di pinggiran laut, perkiraan maksimal yang bisa ditangkap adalah 3 kilogram, maka teman-teman dapat menggunakan senar berukuran 4 hingga 8 lbs dengan pancing nomor 5 hingga 7. Namun, jika ikan target diperkirakan berukuran lebih dari 5 kilo bahkan berukuran lebih besar lagi, siapkan saja piranti mancing anda dengan ukuran yang lebih besar lagi.

Teknik Memancing Koncer
Mancing dengan menggunakan umpan hidup seperti tembang, selar, belanak, dan lainnya. Umpan dipasang dalam keadaan hidup dan ditancapkan pada pancing. Tujuannya  agar umpan dapat bergerak leluasa mengikuti arus hingga menarik perhatian ikan.

Ketika umpan telah dimakan maka set ukuran drag ril anda agar kendur, hal ini untuk mengantisipasi senar tegang secara tiba-tiba apabila ikan ukuran besar menyambar umpan. Hentikan sedikit joran anda agar pancing yang menancap dimulut ikan terjad hook-up yang sempurna.
Teknik Menancing Kasting
Teknik ini menggunakan umpan buatan seperti lure, minnow dan sebagainya. Teknik ini juga  membutuhkan lider 6 – 12 lbs atau sesuai kebutuhan. Lider kemudian diikat langsung pada umpan buatan baik menggunakan kili-kili, snap (peniti) bahkan tidak tanpa sama sekali.

Cara memancing dengan teknik kasting yaitu pertama-tamalemparkan umpan buatan anda ke titik dimana ikan berada, lalu gulung senar secara perlahan dan buatlah semacam irama tarikan senar agar uman terlihat berenang dan bisa menarik perhatian ikan sasaran.
Teknik Memancing Trolling 
Teknik ini umumnya menggunakan umpan alami seperti ikan tongkol, golok-golok atau parang-parang dapt juga dengan menggunakan umpan buatan yang dipasangkan pada kapal/perahu yang sedang berjalan. Penggunaan senar pada teknik ini lebih cenderung di sesuaikan ikan target. Jika target anda adalah ikan yang besar gunakanlah senar dengan kekuatan yang lebih tinggi.

No comments:

Post a Comment