Pages

Wednesday, February 13, 2013

Tips dan Teknik Memancing di Sungai

 
Ilustrasi teknik memancing di sungai




Memancing ikan memang bisa menjadi hobi yang mengasyikan bagi banyak orang. Memancing bisa dilakukan di pantai atau di sungai.
Cuma yang perlu diketahui adalah teknik memancing di sungai itu ada perbedaannya dengan di pantai atau di laut. Namun meski begitu tetap ada persamaan yang dimiliki, yaitu sama-sama menyenangkan. Apalagi bila kita bisa mendapat lokasi yang bagus.
Untuk orang yang berangkat untuk pergi memancing perlu memiliki rencana tentang bagaimana untuk menjalankan tentang proses memancing. Sebagai pemancing terbaik Tips harus dikumpulkan dan dipelajari terlebih dahulu, tidak mereka yang hanya melompat ke tempat yang terbaik, tetapi mereka yang memiliki rencana yang sistematis dan informasi dengan baik dari tindakan yang mereka ikuti ketika sedang memancing ikan di sungai.
Saran-saran yang disebutkan di sini berlaku untuk sungai kecil dan sungai sedang, bukan sungai yang harus di lalui melalui kapal sebagaimana di Musi, dan yang paling penting bahwa kebutuhan individu, sementara melaksanakan tugas ini, adalah kesabaran. Mulai tidak sabar dan frustrasi akan membuat Anda tidak ke mana-mana.

Memilih Lokasi

Tidak berbeda dengan di laut, [kwd]teknik memancing di sungai[/kwd] juga perlu strategi yang khusus. Terutama pada pemilihan lokasi yang bagus, agar nanti bisa mendapat ikan air tawar yang banyak dan besar.
Bagi yang ingin memuaskan kegemarannya dalam memancing di sunggai, pilihlah lokasi-lokasi yang kondisinya airnya jernih dan tidak banyak kotoran, terutama limbah industri. Ikan sama sekali tidak menyukai tempat seperti ini. Maka jangan berharap bisa mendapat ikan bila tetap nekad menggunakan sungai seperti ini untuk dijadikan lokasi pemancingan.
Sungai yang berbeda memerlukan strategi yang berbeda tergantung pada ukuran dan berbagai ikan yang hadir di sana. Banyak pemula sering mengabaikan pentingnya strategi dan merasa bahwa, jika mereka hanya duduk di tepi sungai atau menyeberang melalui itu dengan pancing, mereka akan menangkap semua yang mereka inginkan.
Beberapa orang mungkin cukup beruntung untuk memiliki sukses dengan metode trial and error, tapi pemancing terbaik adalah mereka yang meletakkan rencana rinci dan strategi ke tempatnya dan kemudian mengikutinya biasanya tidak teksbook, tapi sudah terasah intusinya. Inilah  beberapa tips dan trik berguna.
Setelah melihat kondisi airnya, perhatikan pula keadaan sungai itu. Bila tanah di sekitar sungai itu berbatu, maka teknik memancing ikan di sungai seperti ini adalah dengan memilih lokasi di daerah muara sungai tersebut.
Jangan di daerah hulunya. Karena untuk sungai yang banyak batunya, ikan lebih suka tinggal di daerah muara. Karena arusnya relatif lebih tenang. Selain itu ikan juga lebih mudah mencari makanan.

Lalu bagaimana bila sungai itu berpasir?  Lihat dulu kondisi kedalaman sungai tersebut. Bila cukup dalam, maka kita bisa berharap bisa mendapat ikan yang banyak dan besar. Karena bila sungainya dangkal, maka ikan yang hidup di situ pasti kecil-kecil dan jumlahnya juga tidak banyak.

Menjadi Terampil Melewati Sungai

Jika Anda berada di sungai dan itu mengharuskan Anda untuk menyeberang melalui nya, karena kebanyakan dari sungai pasti akan membuat Anda repot menyebrang, Anda perlu belajar bagaimana untuk melangkah ringan. Suara dapat melakukan perjalanan jarak yang sangat jauh di bawah permukaan air, dan suara sedikit Anda membuat mungkin secara tidak sengaja menakut-nakuti si ikan.
Scan daerah Anda terlebih dahulu, dan kemudian cobalah memastikan bahwa Anda tidak menginjak banyak batang dan batu-batu di dasar sungai. Mengambil satu langkah pada satu waktu, dan setapak demi setapak perlahan lahan agar tidak berisik.

Pemilihan waktu

Waktu akan memancing juga yang terpenting. Bagaimana dan kapan ikan di sekitar sungai berkumpul dan ada kondisi khusus dari cuaca dan posisi bulan yang membantu dalam menentukan gerakan mereka. Anda perlu berada di tempat terbaik pada waktu yang terbaik, dan ini hanya dapat dicapai dengan mempelajari habitat dan sifat dari ikan yang ada di sungai itu. Tidak ada gunanya berdiri di dalam air selama berjam-jam saat ikan lebih cenderung berada di tempat lain.

Tahu Wilayah

Hal berikutnya yang Anda alami juga perlu diperhatikan adalah berbagai bagian dalam sungai. Arus memainkan bagian integral dalam migrasi ikan, dan semakin Anda tahu tentang hal ini, semakin tinggi akan peluang Anda untuk menangkap permainan lebih. Sungai dibagi ke dalam kantong kecil atau bagian tergantung pada aliran arus, dan ini dapat digunakan untuk keuntungan pemancing.

Menyajikan Umpan Hidup

Maka bisa dibilang ngepas untuk mengatakan bahwa siapa pun yang pergi memancing ikan di sungai akan menggunakan umpan hidup, karena ini adalah pilihan terbaik. Sekarang penyajian umpan hidup sangat penting dalam menentukan reaksi ikan. Yang lebih realistis Anda membuatnya terlihat, semakin baik kesempatan mendapatkan ikan.
Kait umpan modifikasi adalah pilihan terbaik dari kait untuk mencapai tujuan ini, karena ini menambahkan terlihat sangat alami dan realistis untuk umpan Anda. Tarikan umpan Anda dari lantai sungai secara berkala untuk membuat kesan yang lebih baik.

Analisis yang mendalam!

Setelah semua tips ini telah diikuti, Anda perlu mencari bagian-bagian yang lebih dalam dari sungai untuk ikan yang hendak di tangkap. Anda akan menemukan kumpulan terbesar ikan di daerah yang lebih dalam, terutama jika iklim hangat.
Jika ini saja Anda tidak tahu, Anda mungkin bakal membuang sebagian besar waktu Anda mengarungi melalui daerah dangkal dan ini akhirnya bisa berubah menjadi tidak berguna. Akan ada banyak tepi, sudut, dan arus deras di bawah permukaan sungai di mana Anda akan menemukan sebagian besar ikan.
Salah satu hal yang paling penting adalah untuk menemukan daerah-daerah, di mana ikan yang paling mungkin berkumpul. berdasarkan kedalaman dan cuaca, dan untuk pergi memancing pada saat ikan yang paling aktif. Para pemancing yang berpengalaman akan selalu memberikan saran mengenai beberapa faktor terbaik, dan segala sesuatu yang lain hanya akan tergantung pada keberuntungan Anda.

Teknik Memancing

Setelah dapat lokasi yang bagus, teknik memancing di sungai selanjutnya adalah cara melempar kail. Usahakan  untuk melempar kail tepat di tengah-tengah sungai. Jadi jangan asal melempar dengan jauh begitu saja.
Kalau lemparannya terlalu jauh, justru mata kail ikan bisa jatuh di pinggir seberang sungai. Jadi sama sajakan, tetap di pinggir. Ikan yang besar pasti lebih suka memilih tinggal di bagian tengah sungai. Karena dasarnya juga lebih dalam dibanding dengan daerah pinggir.

Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan dalam teknik memancing di sungai adalah posisi mata kail  Ketika melakukan lemparan, usahakan mata kail bisa jatuh dengan posisi mengikuti arus air. Jangan yang berlawanan. Karena ketika merasa lapar, ikan akan lebih mudah melihat umpan kita. Sehingga kemungkinan mendapat hasil tangkapan juga bisa lebih besar.

Lalu untuk makanan yang mau dijadikan umpan, pilihlah makanan yang paling disukai oleh segala macam jenis ikan air sungai atau tawar. Ingat, jenis makanan ikan sungai dan laut itu berlainan. Jangan disamakan begitu saja.

No comments:

Post a Comment